LAPORAN PRATIKUM
MENYELIDIKI PENGARATAN
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 1
NAMA ANGGOTA :
1 . ANDINI RIZKI YULIANI
2. CHOIRUNNISA PRATIWI
3. NURMALA SARI
4 . SULTAN ALAM
5. TARMIZI
GURU PEMBIMBING : DRA . MARWIYAH
NIP : 196812301998032002
MADRASAH ALIYAH NEGERI 1
PALEMBANG
TAHUN AJARAN 2010-2011
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran kimia yang membahas tentang menyelidiki pengaratan .
Dalam penyusunan tugas atau materi ini , tidak sedikit hambatan yang kami hadapi . Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan , dorongan dan bimbingan oleh guru dan orang tua , sehingga kendala - kendala yang kami hadapi teratasi . Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Ibu guru bidang studi kimia yang telah memberikan tugas, petunjuk , kepada kami sehingga kami termotivasi dan dapat menyelesaikan tugas ini .
2. Orang tua yang telah turut membantu , membimbing , dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai .
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan , khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai , Amiin.
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran kimia yang membahas tentang menyelidiki pengaratan .
Dalam penyusunan tugas atau materi ini , tidak sedikit hambatan yang kami hadapi . Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan , dorongan dan bimbingan oleh guru dan orang tua , sehingga kendala - kendala yang kami hadapi teratasi . Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Ibu guru bidang studi kimia yang telah memberikan tugas, petunjuk , kepada kami sehingga kami termotivasi dan dapat menyelesaikan tugas ini .
2. Orang tua yang telah turut membantu , membimbing , dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai .
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan , khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai , Amiin.
Penulis
Menyelidiki Pengkaratan
Tujuan Penelitian
Penelitian ini kami lakukan dengan tujuan mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan dan mempercepat korosi yang terjadi pada besi maupun yang dapat mencegah terjadinya korosi serta mengamati proses korosi pada besi.
Alat dan bahan
Gelas
Kapas
Plastik transparan
Paku ukuran besar yang masih mengilap
Air suling
Prosedur percobaan
1. Beri label setiap gelas dengan tulisan :
a. Gelas 1 (air tanpa kapas)
b. Gelas 2 ( air + kapas )
c. Gelas 3 ( asam cuka tanpa kapas )
d. Gelas 4 ( asam cuka + kapas )
e. Gelas 5 ( Kapas tanpa air )
2. Isi gelas 1 dengan air hingga volumenya seperempat gelas
3. Isi gelas 2 dengan kapas yang dibasahi air.
4. Isi gelas 3 dengan larutan cuka hingga volumenya seperempat gelas
5. Isi gelas 4 dengan kapas yang dibasahi larutan cuka.
6. Isi gelas 5 dengan kapas kering
7. Letakkan paku kedalam setiap gelas
8. Tutuplah rapat-rapat gelas nomor 5
Pengamatan :
NO | Nama | Hari/tgl pengamatan | No absen | Tanda tangan | ||
1. | Nurmala sari | Sabtu, 26-2-2011 | | | | |
| Sultan alam | 31 | | | | |
| | | | | | |
2. | Choirunnisa pratiwi | Senin, 28-2-2011 | | | | |
| Tarmizi | 32 | | | | |
| | | | | | |
3. | Choirunnisa pratiwi | Selasa,1-3-2011 | | | | |
| | | | | |
Hasil pengamatan
Pengamatan ke | Berkarat | Tidak berkarat |
1 | Gelas 1 (air tanpa kapas ) Gelas 2 ( air+kapas ) Gelas 3 ( air cuka tanpa kapas ) Gelas 4 ( asam cuka+kapas ) | Gelas 5 ( kapas tanpa air ) |
| | |
2 | Gelas 1 (air tanpa kapas ) Gelas 2 ( air+kapas ) Gelas 3 ( air cuka tanpa kapas ) Gelas 4 ( asam cuka+kapas ) | Gelas 5 ( kapas tanpa air ) |
| | |
3 | Gelas 1 (air tanpa kapas ) Gelas 2 ( air+kapas ) Gelas 3 ( air cuka tanpa kapas ) Gelas 4 ( asam cuka+kapas ) | Gelas 5 ( kapas tanpa air ) |
Pertanyaan dan tugas
1. Diantara 5 paku tersebut, paku manakah yang menunjukan perubahan ? .
Jawab :
Gelas 1,2,3,4 kecuali gelas 5 .
2. Paku dan gelas manakah yang paling cepat berkarat ?
Jawab :
Gelas 1,3 dan 4.
3. Paku dan gelas manakah yang paling lambat berkarat ?
Jawab :
Gelas 2 dan 5.
4. Apakah yang mendukung kecepatan perubahan pada paku tersebut ? jelaskan ?
Jawab :
1. Temperatur, umumnya kenaikan suhu dapat meningkatkan laju korosi tergantung karakteristik mikroorganisme yang mempunyai suhu optimum untuk tumbuh yang
2. Kecepatan alir, jika kecepatan alir biofilm rendah akan mudah terganggu sedangkan kecepatan alir tinggi menyebabkan lapisan lebih tipis dan padat
3. pH, umumnya pH bulk air dapat mempengaruhi metabolism mikroorganisme
4. Kadar Oksigen, banyak bakteri membutuhkan O2 untuk tumbuh, namun pada Organisme fakultatif jika O2
berkurang maka dengan cepat bakteri ini mengubah metabolismenya menjadi bakteri anaerob
5. Kebersihan, dimaksud air yang kadar endapan padatan rendah, padatan ini
menciptakan keadaan di permukaan untuk tumbuhnya aktifitas mikroba
5. Berdasarkan hasil pengamatanmu, jelaskan hal-hal berikut !.
a. Persamaan reaksi pengaratan besi.
b. Alasan pengaratan besi termasuk reaksi redoks.
Jawab :
a. Persamaan reaksi pengaratan besi :
4fe(s) + 3 O2 (aq) + 6H2 O (i) → 2FE203 3H2O6(S)
b. Pengaratan besi termasuk reaksi redoks karena pengaratan ialah reaksi redoks antara suatu logam dengan senyawa lain yang terdapat di lingkungannya (misal air dan udara) dan menghasilkan senyawa yang tidak dikehendaki.
Korosi terjadi melalui reaksi redoks, di mana logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen mengalami reduksi. Karat logam umumnya berupa oksida atau karbonat. Karat pada besi berupa zat yang berwarna cokelat-merah dengan rumus kimia Fe2O3·xH2O. Oksida besi (karat) dapat mengelupas, sehingga secara bertahap permukaan yang baru terbuka itu mengalami korosi. Berbeda dengan aluminium, hasil korosi berupa Al2O3 membentuk lapisan yang melindungi lapisan logam dari korosi selanjutnya.
KESIMPULAN :
Pengaratan ialah reaksi redoks antara suatu logam dengan senyawa lain yang terdapat di lingkungannya (misal air dan udara) dan menghasilkan senyawa yang tidak dikehendaki.
Gelas 1 : terjadinya pengaratan pada paku tersebut karena hal ini disebabkan karena h2o dapat mempercepat proses pengkaratan pada besi.
Gelas 2 : terjadinya pengaratan pada paku tersebut karena hal ini disebabkan karena h2o dapat mempercepat proses pengkaratan pada besi.
Gelas 3 : terjadinya pengaratan pada paku tesebut karena asam cuka menghasilkan H+ suhingga pada paku yang dicelupkan pada cuka itu paku lebih cepat berkarat .
Gelas 4 : terjadinya pengaratan pada paku tesebut karena asam cuka menghasilkan H+ suhingga pada paku yang dicelupkan pada cuka itu paku lebih cepat berkarat .
Gelas 5 : tidak terjadinya pengaratan pada paku tersebut karena tidak ada oksigen yang masuk dan air di dalam gelas tersebut .
Gelas 1
Gelas 2
Gelas 3
Gelas 4
Gelas 5
sangat membantu
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusпрфе нанет прфе ор из 토토토토토 토토 토토 토토 토 토 bet365 bet365 クイーンカジノ クイーンカジノ 181Top 5 Casino Games - Online casino games by 토토토토토토 토토 토토 토토 토 토토 토토 토 토
BalasHapus